Saturday, November 6, 2010

Putra Jaya

Putrajaya adalah pusat administrasi Malaysia yang baru menggantikan posisiKuala Lumpur. Didirikan pada 19 Oktober 1995, namanya diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia yang pertama, Tunku Abdul Rahman Putra dan juga menjadi wilayah persekutuan Malaysia yang ketiga (2 wilayah lainnya adalah Kuala Lumpur dan Labuan).

Wilayah Putrajaya sekarang ini diambil dari Selangorsebesar 46 km² setelah dilakukan transaksi dengan pemerintah. Selain itu, transaksi ini juga membuat Selangor memiliki 2 buah wilayah persekutuan dalam batas-batasnya yaitu Kuala Lumpur dan Putrajaya.

Putra Jaya menjadi salah satu tujuan jalan-jalan saya pada saat liburan ke Malaysia beberapa bulan yang lalu, namun artikel ini baru sempat saya post sekarang akibat kesibukan-kesibukan yang tak kunjung henti.
*sigh

Putra Jaya ini menurut saya adalah salah satu 'prestasi' Malaysia dalam membuktikan negaranya sebagai developing country. Tata letak kota yang rapih dan artistik ditambah bangunan-bangunannya yang amazing! dapat memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung kesana. Bagi para pecinta fotografi dan arsitektur tempat ini merupakan 'surga' untuk hunting foto atau sekedar cuci mata. Satu harian di tempat ini dijamin nggak bikin bosen dan pastinya sangat menarik.









No comments:

Post a Comment