Thursday, October 27, 2011

AFS USA 2011-2012

Dear Brielle,


"I am an exchange student. How do you know what is a dream if you never accomplished one. How do you know what is an adventure if you never took part in one. How do you know what is anguish if you never said goodbye to your family and friends with your eyes full of tears. How do you know what is being desperate, if you never arrived in a place alone and could not understand a word of what everyone ......else was saying. How do you know what is diversity if you never lived under the same roof with people from all over the world? How do you know what is tolerance, if you never had to get used to something different even if you didn’t like it. How do you know what is autonomy, if you never had the chance to decide something by yourself? How do you know what it means to grow up, if you never stopped being a child to start a new course? How do you know what is to be helpless, if you never wanted to hug someone and had a computer screen to prevent you from doing it. How do you know what is distance, if you never, looking at a map, said “ I am so far away”. How do you know what is a language, if you never had to learn one to make friends. How do you know what is patriotism, if you never shouted “ I love my country” holding a flag in your hands. How do you know what is the true reality, if you never had the chance to see a lot of them to make one. How do you know what is an opportunity, if you never caught one. How do you know what is pride, if you never experienced it for yourself at realizing how much you have accomplished. How do you know what is to seize the day, if you never saw the time running so fast. How do you know what is a friend, if the circumstances never showed you the true ones. How do you know what is a family, if you never had one that supported you unconditionally . How do you know what are borders, if you never crossed yours , to see what there was on the other side. How do you know what is imagination, if you never thought about the moment when you would go back home. How do you know the world, if you have never been an exchange student? --├ůsta Mari Totland/USA 11-12"

Postingan di atas di share oleh salah satu exchange student USA di group facebook. Dan kata-kata yang begitu simple namun benar-benar menyadarkan kami semua yang ibaratnya sedang 'kehilangan arah' baik karena home sick, mulai jenuh dengan aktivitas sehari-hari, culture shock dan lainnya. Semua itu emang sangat wajar dirasakan oleh semua exchange student, namun seperti yang dikatakan oleh kakak-kakak returnee disaat orientasi, "Ini semua cuma setahun." Nggak gampang buat sampai disini, satu tahun lebih perjuangan melalui semua seleksinya, belum lagi harus menunggu di tengah ketidak pastian sampai akhirnya bisa bernapas lega saat sudah benar-benar diatas pesawat. Banyak yang dikorbankan untuk sampai disini, keluarga, teman dan lain sebagainya. Tapi cuma setahun juga kami bisa merasakan semua ini, ngomong bahasa inggris setiap hari, ngerasain pindah-pindah ruangan diantara jam pelajaran, ngerasain sarapan cuma dengan segelas susu, ngerasain gimana kangennya sama keluarga dan teman-teman dan cuma bisa ngedenger suara dan ngelihat wajah mereka di layar komputer. Tapi kapan lagi bisa ngerasain punya keluarga dengan latar belakang dan budaya yang benar-benar berbeda? Hidup ditengah lingkungan yang benar-benar asing dan belajar bertoleransi? Ya cuma setahun ini, that's what we're AFSsers do to built a better understanding for a bettter world

We're AFSsers, mighty AFSsers
Everywhere we go, people want to know
Who we are, now we tell them
If they can't hear us, sing it little louder!

Monday, October 24, 2011

Seaford High School Homecoming 2011

Weekend yang sangat-sangat seru sekaligus melelahkan. Yep, homecoming! FYI homecoming diadakan untuk menyambut tahun ajaran baru di sekolah-sekolah Amerika. Di sekolah saya dan sekolah-sekolah lain pada umumnya, satu minggu sebelum homecoming diadakan Spirit Week, yaitu satu minggu dimana semua murid-murid menunjukkan dukungannya untuk sekolah dengan mematuhi 'tema-tema' yang diadakan setiap harinya. Contohnya di sekolah saya dari hari Senin-Jumat: nerd day, twin day, breast cancer day, mix and match day dan spirit day dimana semua murid harus menggunakan dress code yang mencerminkan sekolah. Di hari Jumat diadakan acara (semacam pembukaan) untuk mendukung Football team yang bakal tanding di malam harinya sekaligus memperkenalkan calon homecoming kin and queen. Dan pada Jumat malam diadakan homecoming game (football match) antara Seaford High School dan Brookwood High School.


And finally! Homecoming dance, acara puncak yang ditunggu-tunggu semua murid. Homecoming is super fun! Me and some of my girlfriends dance all the night. Lucunya disini high heels dipake cuma pas masuk pintu doang, begitu on the the dance floor cewek-cewek pada nyeker. Sampe ada tempat penitipan high heels nya segala. Cuma ada satu yang bikin saya (dan terbukti exchange students yang lain) terkaget-kaget: the way they dance. Yep mungkin sebagian besar udah tau how american dance looks like, bagi yang penasaran coba googling aja hehehe. Satu lagi budaya mereka (bukan budaya yang baik untuk ditiru) yang saya pelajari dan ketahui.



High heels nggak berlaku disini

Namun selama seminggu ini saya belajar beberapa hal dari murid-murid disini yaitu kebebasan mereka berkreativitas dan berekspresi, benar-benar mencerminkan Liberty, ngga nanggung-nanggung bisa dilihat dibawah ini:

Mrs. Bates and Autumn @ twin day

Nerd day

mix and match day

Satu hal lagi, saya yang sebelumnya udah mendapatkan host family permanent terpaksa harus 'pindah rumah' karena masalah yang berkaitan dengan agama saya yang membuat saya merasa kurang nyaman untuk tinggal disana. Masalahnya adalah anjing yang terlalu friendly dan suka ngejilat. Sebenarnya saya nggak masalah sama anjing yang tinggal dirumah karena saya adalah animal lover, namun dihari pertama saya udah dibuat ketakutan setengah mati sama si anjing ini. Jadi ceritanya di hari pertama saya, saya masih jetlag dan nggak bisa tidur. Kira-kira jam setengah tiga pagi saya antara tidur dan nggak ngerasa ada yang ngelihatin, dan waktu saya ngelihat ke sebelah yang saya lihat adalah muka si guguk yang sedang berusaha naik ke tempat tidur saya. Bisa kebayang kan gimana seramnya.....

ini dia tersangkanya

Dan sekarang saya udah menemukan keluarga baru! Di keluarga yang baru ini saya punya tiga saudara laki-laki dan satu saudara perempuan. Dan ada satu kejadian lucu di kafetaria sekolah, disaat saya bilang saya bakal pindah ke keluarga yang baru ini semua temen cewek saya langsung teriak 'OMG!' dan heboh karena.... Eng ing eng... ternyata calon host brother saya pernah sekolah di Seaford dan dia termaksud one of the most wanted guy in here. Dan itu emang kebukti waktu dia pertama kali jemput saya di sekolah dan bikin semua kepala cewek-cewek noleh dan shock waktu ngelihat saya masuk ke mobilnya. Dan besoknya ada beberapa cewek yang sebagian besar saya nggak kenal nanya-nanya soal saya dan calon abang saya ini hahaha. Tapi ada untungnya juga punya abang cakep, secara nggak langsung temen-temennya juga cakep! haha. Dan juga temen saya jadi nambah karena setiap weekend pasti temen-temennya abang saya ada aja yang dateng kerumah dan hang out bareng.

with mom and dad:)

with Aubrey and Ryan